Waktu Promosi Online Terbaik Saat Ramadan

Hi App – Di bulan Ramadan, perilaku konsumen berubah secara drastis. Ada banyak waktu yang bergeser, mulai dari bangun dan tidur, waktu berkumpul dengan keluarga untuk beribadah, sampai waktu untuk berbelanja daring. Bisnis harus dapat beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan ini agar mereka dapat melayani klien sebaik-baiknya. Mengetahui waktu promosi online terbaik di bulan Ramadan 2021 bisa menjadi langkah awal yang dapat diambil.

Promosi daring atau online adalah strategi pemasaran untuk menarik perhatian pasar, meningkatkan brand awareness, meningkatkan loyalitas pelanggan, sampai meningkatkan penjualan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini. Medium yang digunakan pun beragam, bisa melalui media sosial, email, atau jaringan iklan seperti Google Ads dan Facebook Ads.

Baca Juga: Rekomendasi Lima Ide Bisnis Lebaran yang Menguntungkan

Dengan melakukan aktivitas pemasaran secara online, pebisnis bisa menghemat biaya pemasaran, membuka pasar baru yang lebih luas, sampai mengukur efektivitas promosinya. Namun, satu hal perlu diperhatikan oleh pebisnis adalah terkait momentum dan waktu promosi yang tepat.

Jika promosi dilakukan sembarangan dan tidak memperhatikan waktu, besar kemungkinan materi promosi hanya akan dicap sebagai spam dan diabaikan oleh para pelanggan. Di Indonesia, salah satu momentum dan waktu terbaik untuk melakukan promosi bisnis adalah di bulan Ramadan.

Waktu Terbaik untuk Promosi di Bulan Ramadan

Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah dan menyimpan potensi yang baik bagi kelangsungan bisnis atau usaha. Hal ini tak lepas dari demografi masyarakat Indonesia yang mayoritas penduduknya memeluk agama islam. Lebih dari 85 persen penduduk Indonesia adalah umat muslim yang merayakan Ramadan dan menunggu hari raya Idulfitri.

Menurut data dari laporan Winning Ramadan with Digital 2021 dari Google Playbook, pencarian momen yang berkaitan dengan Ramadan sudah menunjukan peningkatan trafik sejak satu minggu sebelum Ramadan. Momen ini seharusnya bisa dimanfaatkan oleh bisnis untuk mulai berpromosi meski produk atau jasa yang dijual tidak ada hubungan langsung dengan Ramadan.

Baca Juga: 5 Momen di Bulan Ramadan yang Perlu Diperhatikan Pemasar

Secara umum, trafik di bulan Ramadan juga tetap ramai untuk bisnis. Namun, waktu atau golden time-nya menjadi bergeser dan hal ini yang perlu diperhatikan oleh para pebisnis. Berikut adalah rangkuman waktunya:

1. Waktu Sahur

Selama bulan Ramadan, salah satu kegiatan khas yang dilakukan oleh umat muslim adalah bangun pada dini hari untuk menyantap hidangan sahur. Kegiatan ini juga dimanfaatkan bagi orang Indonesia untuk berbelanja online. Menurut laporan iPrice, ada lonjakan trafik yang signifikan pada pukul 2-5 pagi karena orang Indonesia secara aktif mengakses internet dan berbelanja online. 

2. Waktu Istirahat Siang

Selain waktu sahur, waktu terbaik untuk berpromosi online adalah pada saat orang-orang beristirahat di siang hari. DI pukul 12:00-13:00 adalah waktu puncak masyarakat Indonesia mengakses internet dan berbelanja online.

3. Waktu Menjelang Berbuka Puasa

Terkahir, waktu berpromosi online terbaik di bulan Ramadan yaitu menjelang berbuka puasa. Setelah trafik puncak turun dari pukul 13:00-17:00, lonjakan trafik akses internet kembali naik pada pukul 17:00-18:00 dan terus berada di puncak hingga menjelang waktu istirahat pada 21:00.

Contoh Kalimat Promosi Online di Bulan Ramadan

Setelah mengetahui waktu promosi terbaik di bulan Ramadan, langkah berikutnya yang perlu diambil adalah mengemas produk dan jasa yang dipromosikan agar produk atau layanan yang ditawarkan tetap dapat bersaing. Tentu saja cara paling efektifnya adalah dengan mengemas konten dalam suasana Ramadan. Visual atau copy yang ditambilkan bisa berkaitan dengan Masjid, Bulan Sabit dan Bintang, Ketupat, Keluarga, Kurma, Kaligrafi, dan penggunaan warna hijau sera emas.

Selain itu, copywriting juga menjadi kemampuan yang paling dibutuhkan untuk menjalankan aktivitas promosi di bulan Ramadan ini. Dengan copywriting yang tepat dan relevan, bukan tidak mungkin penjualan produk dan layanan di bulan Ramadan bisa melonjak drastis.

Contoh kalimat promosi online di bulan Ramadan yang bisa digunakan, yaitu:

1. Kalimat diskon

“Diskon 55% untuk setiap pembelian produk kecantikan selama bulan Ramadan.”

“Diskon Spesial Ramadan, beli 2 Batik Koko, GRATIS 1 Batik.”

“Promo Spesial Lebaran. Dapatkan Diskon Hingga 80% untuk Pembelian Gadget Favorit Kamu. Hanya sampai 31 Mei 2021.

2. Kalimat promosi makanan

“Paket Hemat untuk Berbuka Puasa, cukup 25 ribu saja.”

“Paket Bento Ramadan, Kenikmatan Lengkap untuk Menemani Buka Puasa Kamu”

“Semarak Ramadan, semua menu hanya Rp15.000!”

Setelah mengetahui waktu terbaik untuk promosi online dan beberapa contoh kalimat promosi online di bulan Ramadan, langkah yang perlu diambil berikutnya adalah praktik. Ada banyak medium yang bisa dipakai untuk menjangkau pelanggan di era digital ini seperti blog, email, media sosial, sampai aplikasi chatting yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga loyalitas pelanggan. Salah satu aplikasi chatting yang bisa kamu pakai untuk menjaga loyalitas pelanggan adalah Hi App.

Hi App adalah aplikasi komunikasi sosial multifungsi buatan Indonesia untuk memfasilitasi gaya hidup digital masyarakat yang dinamis. Dengan menggunakan Hi App, pebisnis bisa menjalin silaturahmi dengan para pelanggan di bulan suci Ramadan dan menjaga loyalitas pelanggan lewat informasi yang dikirimkan dalam betuk pesan teks, video, maupun gambar.

Baca juga: Aplikasi Terjemahan yang Bisa Kamu Pakai Chatting

Di Hi App, pebisnis bisa membuat grup chat khusus yang beranggotakan para pelanggan setia untuk mengirimkan informasi promosi atau informasi lain yang berkaitan dengan produk dan layanan yang ditawarkan. Di samping itu, pebisnis juga tidak perlu khawatir salah mengirim pesan karena grup chat dan personal chat di Hi App itu terpisah. Jika memiliki pelanggan dari luar negeri, komunikasi juga bisa dijaga karena ada fitur terjemahan di Hi App.

Hi App dapat diunduh melalui Play Store untuk Android atau Apps Store untuk iOS. Dengan Hi App, pebisnis bisa menjaga loyalitas para pelanggan di bulan suci Ramadan.

Penulis: Adjie Priambada

Sumber Gambar: Photo by Icons8 Team on Unsplash

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *