Ini Alasan Elon Musk Setop Pembelian Tesla dengan Bitcoin

 Technoking of Tesla, Elon Musk membuat harga Bitcoin dan cryptocurrency lainnya turun cukup tajam. Penyebabnya yaitu lantaran ia mengumumkan bahwa Tesla tidak jadi menerima mata uang kripto Bitcoin untuk pembayaran mobil Tesla.

Melalui akun twitter pribadinya, Elon Musk mengungkapkan alasan Tesla mengeluarkan keputusan itu. Keputusan ini diambil karena Musk khawatir penggunaan bahan bakar fosil meningkat untuk penambangan Bitcoin, khususnya batu bara.

https://twitter.com/elonmusk/status/1392602041025843203

“Mata uang kripto adalah ide bagus di berbagai tingkatan dan kami percaya ini menjanjikan masa depan. Tetapi, hal ini (mata uang kripto) tidak bisa merugikan lingkungan,” ujarnya dalam unggahan di Twitter, Kamis (13/5).

Ia mengatakan Tesla akan tetap mempertahankan Bitcoin yang dimiliki perusahaan dan akan membolehkan transaksi Bitcoin saat penambangan Bitcoin menggunakan energi berkelanjutan.

“Tesla juga akan mencari cryptocurrency yang konsumsi energinya di bawah 1% Bitcoin,” tulis Tesla.

Baca juga: Elon Musk akan Jadikan Dogecoin Alat Transaksi Antarplanet

Segera setelah kicauannya ini, nilai Bitcoin turun hingga 10 persen. Tak hanya itu, saham Tesla pun turun 1,25 persen setelah beberapa jam.

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, Tesla diketahui telah membeli US$1,5 miliar Bitcoin pada Februari 2021. Kemudian, perusahaan ini menerima Bitcoin sebagai pembayaran mobil pada Maret 2021. Langkah ini pun membuat mata uang kripto melonjak sekitar 20 persen.

Sebagai informasi, Bitcoin dibuat dengan proses intensif energi yang sering bergantung pada listrik yang dihasilkan dari bahan bakar fosil, utamanya batu bara.

‘Penambangan’ Bitcoin sendiri memakan jumlah energi yang hampir sama tiap tahun. Suatu ironi sebab Musk selama ini memiliki reputasi sebagai pencinta lingkungan.

Baca juga: Penjelajah Mars Bernama Elon Muncul di Novel ini Tahun 1952

Dua hari sebelum pengumuman tersebut, Elon Musk mengadakan poling di twitter pribadinya. Ia meminta pendapat pengikutnya apakah mereka menginginkan agar Tesla menerima pembayaran dengan Dogecoin.

https://twitter.com/elonmusk/status/1392030108274159619

Dari 3,92 juta yang mengikuti poling tersebut sebanyak 78,2% setuju agar Dogecoin bisa untuk beli mobil Tesla dan 21,8% menolak ide tersebut.

Beberapa waktu lalu, perusahaan roket luar angkasa Elon Musk, SpaceX mengumumkan akan menerima uang kripto Dogecoin sebagai pembayaran untuk misi ke bulan bernama “DOGE-1 Mission to the Moon”. Peluncurannya ditargetkan kuartal I-2022.

(dwk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *