Tank Boat Antasena, Tank Kapal Pertama di Dunia Bikinan RI

 Industri pertahanan Indonesia semakin mumpuni yang ditandai dengan kemampuannya menciptakan kapal tank atau tank boat. Tank boat ini dikembangkan oleh konsorsium PT Pindad (Persero).

Terbaru, kapal yang sudah diincar untuk dibeli banyak negara ini dilaporkan telah memasuki tahap uji coba dan telah sukses dalam uji tes pertamanya. 

Baca juga: Ini 10 Kapal Selam Termahal di Dunia, Indonesia Termasuk?

Tank kapal ini diklaim menjadi yang pertama di dunia. Berbeda dengan kapal laut, tank boat lebih difungsikan untuk operasi di rawa, laut, sungai dan pantai (Ralasuntai).

Lalu, apa kehebatannya? Tank Boat disebut bisa mengangkut 60 orang personil dan 5 orang kru, memiliki kecepatan maksimum 40 knot serta daya jelajah hingga 600 Nm.

Dipersiapkan untuk menjaga kedaulatan dan mempertahankan wilayah perairan NKRI, Tank Boat dilengkapi senjata utama RCWS kanon kaliber 30 mm dan 2 senapan mesin 12,7 mm.

Sebagai informasi, Tank Boat merupakan program Kementerian Pertahanan RI yang dilaksanakan oleh konsorsium dimana PT Pindad (Persero) menjadi lead integrator bekerjasama dengan PT Lundin Industry Invest, PT Len Industri (Persero), dan PT Hariff.

Baca juga: 5 Kapal Selam Paling Canggih di Dunia, Ada Milik Indonesia?

Tank boat ini terbuat dari komposit dengan platform kapal catamaran (double hull). Dalam perancangan desain, badan tank boat ditambahkan platform tempur dan memiliki daya jelajah 400 nautical mile (NM).‎

(dwk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *