Taipan RI Kris Wiluan Didenda Rp 5,5 M oleh Pengadilan Singapura

Ilustrasi Dolar Singapura

Pengadilan Negara Singapura mengenakan denda kepada Taipan Indonesia Kris Wiluan senilai S$ 480 ribu atau setara Rp 5, 1 miliar (S$1 = Rp 10.773), Rabu (19/5). Hukuman diberikan atas tiga kasus kecurangan perdagangan pasar yang melibatkan saham KS Energy, perusahaan jasa Migas miliknya yang terdaftar di Bursa Efek Singapura.

Tuduhan ini merupakan gabungan dari 112 dakwaan yang diajukan jaksa ke hadapan Wiluan pada Agustus 2021. Pelanggaran terkait dengan Pasal 197 Securities and Futures Act, yakni meliputi perdagangan palsu dan transaksi kecurangan pasar.

Pelanggaran dilakukan dalam berbagai kesempatan pada periode Desember 2014 hingga September 2016 untuk mendongkrak harga saham KS Energy. 

Dikutip dari The Business Times, pengusaha asal Batam yang kini menjadi warga Singapura itu mengaku bersalah, dan didenda S$ 160 ribu atau Rp 1, 7 miliar untuk setiap dakwaan oleh Hakim Distrik Marvin Bay.

Wakil Jaksa Penuntut Umum Pengadilan Singapura Kevin Yong menyampaikan, meskipun hukuman tahanan tidak diperlukan, namun denda yang …

Selengkapnya : Taipan RI Kris Wiluan Didenda Rp 5,5 M oleh Pengadilan Singapura

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *