Beragam Aplikasi Ini Siap Mempermudah Bisnismu!

Zaman dulu, bisnis kesannya begitu merepotkan. Kamu harus menyiapkan pencatatan keuangan secara manual, mengurus penggajian secara konvensional, hingga melakukan evaluasi dan pertemuan secara tatap muka. Semua terasa melelahkan dan begitu merepotkan.

Namun, waktu terus berjalan, dan zaman mulai berubah. Kini, kamu dan tim bisnismu bisa menjalankan bisnis dengan lebih mudah. Pasalnya, sudah tersedia banyak sekali aplikasi dan teknologi yang siap menopang perjalanan bisnismu ke depannya. Mulai dari keuangan, akuntansi, kolaborasi, marketing – semuanya sudah punya aplikasinya masing-masing.

Nah, buat kamu yang sedang mencari jawaban untuk memudahkan bisnismu, kamu bisa coba pakai aplikasi-aplikasi ini – siapa tahu cocok!

1. Aplikasi voice call & video conference

Nah, ini adalah salah satu jenis aplikasi yang nggak boleh sampai kamu lupakan! Sekarang ini, komunikasi di dalam bisnis udah lebih gampang dan nggak rumit lagi. Banyak banget aplikasi yang tersedia untuk komunikasi, mulai dari Discord yang kaya fitur komunikasi dan punya fitur-fitur unik, Google Meet yang gratis, hingga Zoom yang namanya nggak perlu diragukan lagi di kancah aplikasi komunikasi. Kamu tinggal sesuaikan mana aplikasi yang paling cocok untuk gaya kerja bisnismu.

2. Penyimpanan Cloud

Sekarang udah bukan lagi zamannya simpan file atau dokumen di dalam USB atau flashdisk, karena udah ada yang disebut cloud storage! Teknologi ini memungkinkan kamu untuk menyimpan file atau dokumen secara online tanpa harus repot-repot lagi bawa tumpukan kertas atau buku.


Ada banyak layanan cloud storage yang bisa kamu pilih, mulai dari Dropbox, OneDrive, hingga Google Drive. Semuanya punya fitur, harga kapasitas penyimpanan, hingga tingkat keamanannya masing-masing. 

3. Aplikasi project management

Setiap divisi dan staf di dalam tim bisnismu tentunya punya pekerjaan dan tugasnya masing-masing. Dalam mengerjakan setiap tugasnya, seringkali dilanda kebingungan dan miskomunikasi dengan staf lain, apalagi jika pekerjaan itu sifatnya kolaboratif. Nah, untuk mengatasinya, kamu butuh yang namanya aplikasi project management. Aplikasi project management tersedia sebagai media bagi divisi dalam bisnismu untuk bisa bekerja dengan kolaboratif dan mengelola tugasnya masing-masing agar nggak ada yang namanya miskomunikasi atau tugas yang saling tabrakan. Beberapa aplikasi jenis ini yang bisa kamu pakai antara lain Trello, Basecamp, hingga Microsoft Project.

4. Aplikasi inventory management

Nah, buat kamu yang bisnisnya ritel atau berjualan produk fisik, ini adalah jenis aplikasi yang sangat wajib kamu pakai! Dengan memakai aplikasi inventory management, kamu nggak akan lagi pusing dan lelah sewaktu mengelola persediaan barang daganganmu.

Salah satu aplikasi inventory management yang wajib kamu coba yaitu Onstock. Fitur-fiturnya yang unik dan beragam seperti kustomisasi barcode, pembuat laporan otomatis, hingga reminder untuk produk kadaluarsa dan retur bikin kamu nggak lagi pusing dalam mengelola persediaan barang dagangan. Semuanya serba cepat, instan, dan otomatis!

5. Aplikasi note-taking

Setiap meeting atau mendapat ide, selalu kamu harus mencatat apa yang penting dari situ. Makanya, kamu butuh aplikasi note-taking untuk membantu kamu membuat catatan singkat tentang hal-hal kecil yang kamu ingat hingga membuat catatan lengkap tentang pekerjaan dan tugasmu di dalam bisnis. Aplikasi note-taking sekarang ini punya fitur yang macam-macam dan super lengkap. Kalau nggak percaya, kamu bisa coba aplikasi macam Evernote atau Apple Notes.

Itu dia beberapa jenis aplikasi yang wajib kamu pakai selama mengelola bisnismu. Ada banyak yang bisa dipakai, dan kamu tinggal menyesuaikan aplikasi mana yang mau kamu pakai untuk bisnismu. Semoga bisnismu semakin lancar setelah mulai memakai aplikasi-aplikasi itu ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *