Bisnismu Kamu Kurang Terekspos? Pakai Cara Ampuh Ini!

Salah satu hal yang sangat umum terjadi dan dialami oleh para pebisnis yang baru membuka bisnisnya adalah bisnis yang masih sepi pembeli dan jarang diketahui masyarakat, khususnya masyarakat di sekitar lokasi bisnismu. Kamu jelas akan mengalami fase ini. Meski di awal akan ramai oleh pembeli, lama kelamaan kamu akan memasuki fase ini dan mulai goyah.

Kondisi ini menjadi kondisi yang paling tidak diinginkan oleh siapapun meskipun fase ini akan dilalui. Pastinya tidak mengenakkan bukan kalau bisnismu, baik toko fisik atau online, sunyi dari pengunjung hingga tidak ada interaksi satupun dengan pengunjung? Akibatnya, kamu harus putar otak lebih cepat dan keras agar bisa menemukan titik terang yang dapat membantu bisnismu lebih bertumbuh.

Untuk kamu para pebisnis pemula yang baru memulai bisnis sendiri, ada satu cara yang bisa kamu pakai untuk menyembuhkan kondisi ini : ulasan pengunjung.

Review : Senjata Ampuh Pendongkrak Bisnis

Review atau ulasan pengunjung adalah salah satu bentuk word of mouth. Ketika pengunjung atau pembeli menceritakan testimoninya di salah satu platform online tentang bisnismu, ulasan itu adalah satu langkah kecil untuk bisnismu lebih terekspos oleh masyarakat luas.

Kunci utama dalam mempertahankan konsistensi ulasan pengunjungmu adalah dengan mempertahankan konsistensi pelayanan dan kualitas produkmu. Ketika kamu membuat produk ogah-ogahan dan melayani pengunjung seadanya, jangan heran ketika kamu diulas buruk oleh pengunjungmu, hingga bahkan ia tidak akan pernah kembali lagi. Oleh karenanya, ketika ada pengunjung datang, entah mengunjungi toko fisik atau digitalmu, itu adalah momentum bagi kamu untuk memberikan yang terbaik dari yang kamu punya. Kamu juga dapat meminta mereka untuk memberikan ulasan selepas membeli produk atau menggunakan jasamu.

Mengelola Review Secara Online

Review atau ulasan bukan hanya bersumber dari cerita-cerita lisan dari mulut ke mulut. Sekarang, ada begitu banyak media online yang dapat digunakan sebagai tempat pengunjung atau pembeli yang telah membeli produk atau menggunakan jasa bisnismu untuk mengulas bisnismu. Salah satu yang dapat dipakai adalah Google My Business.

Ketika kamu mengawali bisnismu, terutama bisnis offline, kamu harus ingat untuk segera mengurus lokasi dan informasi umum bisnismu di Google My Business. Ketika bisnismu sudah dapat ditemukan di Google Maps, kamu bisa mulai meminta pembelimu atau orang-orang terdekatmu yang pernah membeli produkmu untuk memberikan rating dan ulasan di sana. Semakin banyak rating dan ulasan positif yang diberikan kepada bisnismu, semakin mudah bagi bisnismu untuk muncul ke permukaan dan lebih mudah dicari.

Kenapa bisa begini? Satu hal yang jelas, rating dan ulasan yang telah diberikan ke bisnismu dalam platform Google Maps dapat mengangkat bisnismu secara lebih organik. Ulasan positif yang semakin banyak dapat membantu orang-orang yang mengunjungi Maps, khususnya di lokasi sekitar bisnismu, untuk lebih aware dan mengetahui keberadaan bisnismu. Dari sini, bisnismu bisa perlahan lebih diketahui banyak orang dan berakhir pada peningkatan pengunjung hingga keuntungan.

Salah satu hal menarik yang perlu kamu perhatikan adalah kamu harus ingat untuk membalas ulasan pembelimu satu per satu. Setiap kali kamu menerima ulasan, kamu bisa langsung balas. Artinya, ini menunjukkan bahwa kamu benar-benar peduli dengan pembelimu dan kamu dapat menumbuhkan relasi yang interaktif dan kuat antara kamu sebagai pemilik bisnis dengan pembelimu. Jadi, jangan lupa untuk sekaligus menumbuhkan relasi yang kuat dengan pembelimu hanya dengan satu cara sederhana ini.

Promosi dan marketing nggak selamanya harus bermodal besar. Kamu nggak harus mengucurkan dana besar untuk metode marketing yang wah. Kamu bisa mulai dengan memanfaatkan alat dan media sederhana seperti review dan rating dari pembeli atau pelangganmu untuk mendongkrak bisnismu sehingga lebih diketahui oleh banyak orang. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *