Pemerintah Gunakan Google, Facebook, NASA Untuk Pantau PPKM

Foto: Tirto

Teknologi.id – Pemerintah Indonesia bekerja sama dengan Google, Facebook, dan NASA untuk pantau masyarakat selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPMKM) Darurat yang dilaksanakan dari 3 Juli hingga 20 Juli 2021.

Dilansir dari CNN Indonesia pada Selasa, (6/7/2021), Luhut Binsar Panjaitan selaku Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi mengatakan bahwa pemerintah mengambil indeks data mobilisasi masyarakat menggunakan tiga instansi tersebut.

“Kita engage Facebook Mobility dan Google Traffic serta cahaya malam dengan NASA. Dengan begitu, kita bisa lihat pelaksanaan dari PPKM ini apa dilaksanakan dengan baik,” ujar Luhut dalam konferensi pers daring melalui YouTube.

Pemerintah menghimpun data mobilitas warga pada 24 Mei hingga 6 Juli yang nantinya akan dibandingkan dengan mobilitas warga selama PPKM Darurat pada 3-20 Juli. Pemantauan data juga sangat ketat. Data yang sudah dibandingkan akan dikirim ke pemerintah daerah dan aparat keamanan.

Selain itu, data indeks mobilitas juga akan diberikan kepada Kementerian Kesehatan agar pemerintah dapat mengakses informasi tersebut dengan rutin dan jelas. Evaluasi terhadap data ini akan dilakukan oleh instansi yang berwenang.

Luhut menyampaikan bahwa pemerintah perlu mengurangi mobilitas warga sampai 30% dalam menangani penularan virus corona yang semakin merajalela. Bahkan melihat kondisi saat ini, ia menaikkan target sampai 50% supaya hasilnya bisa lebih maksimal.

“Kita berharap kalau bisa minggu ini kita 50%, saya kira minggu depan kita akan mulai lihat flattening. Kemudian, kita lihat akan secara perlahan dia mulai menurun,” jelas Luhut.

Sebelumnya, PPKM darurat dilakukan hanya di kawasan Pulau Jawa dan Bali mengikuti kriteria penilaian acuan Badan Kesehatan Dunia (WHO). Peraturan pembatasan ini diterapkan di 122 kabupaten/kota di Jawa dan Bali. Hal ini didasari oleh indikator laju penularan serta kapasitas respon karena dua daerah tersebut berada pada level 4 dan level 3.

(DA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *