Akun Facebook Diretas? Coba Cara Ini untuk Mengembalikannya

Kasus peretasan atau hack sebuah akun media sosial bukan hal yang asing. Peretasan tersebut dapat terjadi dalam berbagai macam media sosial, contohnya Facebook. Peretas alias hacker biasanya dapat menyalahgunakan akun tersebut untuk keuntungan mereka dan justru merugikan pemilik akun asli. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengembalikan akun Facebook yang diretas:

1. Periksa email 

Kamu dapat memeriksa email dari Facebook. Jika tidak dapat masuk atau login ke akun Facebook karena di-hack, segera periksa email. Facebook akan mengirimkan email jika terdapat aktivitas yang mencurigakan di akunmu. Selain itu, kamu juga dapat mengklik bagian ‘Lupa kata sandi’ jika tidak bisa masuk dengan email dan password yang biasa digunakan. Klik link https://www.facebook.com/help/ dan kunjungi bagian ‘Login dan Kata Sandi’. Lalu, pilih opsi ‘Ubah Kata Sandi’ dan ‘Amankan akun Anda’. Baca dengan seksama dan ikuti setiap arahan yang tertulis. 

2. Segera ganti kata sandi 

Jika akun kamu di-hack, segera ganti kata sandi agar akun tak bisa lagi dibobol hacker. Berikut beberapa kriteria kata sandi yang aman menurut Facebook. Menurut Facebook ada beberapa kriteria dalam membuat kata sandi, yaitu: 

  • Kata sandi harus mudah diingat, tapi sulit ditebak orang lain. 

  • Kata sandi Facebook harus berbeda dari kata sandi yang digunakan untuk login ke akun lain, seperti email atau akun bank. 

  • Kata sandi yang lebih panjang umumnya lebih aman. 

  • Kata sandi tidak boleh memiliki nama email, nomor telepon, atau tanggal lahir. 

  • Gunakan perpaduan huruf besar dan kecil. 

3. Memulihkan akun Facebook 

Cara mengembalikan akun Facebook yang di-hack adalah dengan memulihkan akun. Jika kata sandi telah diubah, tetapi kamu tetap tidak bisa login, kamu dapat memulihkan akun dengan mengunjungi https://www.facebook.com/login/identify. Setelah itu, cari akun berdasarkan nama, email, ataupun nomor telepon. Lalu, ikuti setiap langkah-langkah yang diberikan Facebook. 

4. Mengembalikan akun Facebook dari keluarga atau teman 

Cara mengembalikan akun Facebook yang di-hack dapat dilakukan dengan menggunakan akun keluarga atau teman. Cara ini dapat dilakukan dengan meminta keluarga membuka akun Facebook Anda. Kemudian, klik ikon tiga titik vertikal di bawah profil dan pilih opsi ‘Cari dukungan atau laporkan profil’. Lalu, pilih opsi ‘Saya tidak dapat mengakses akun saya’ dan klik ‘Selanjutnya’. Setelah itu, pilih opsi ‘Recover this account’. Lalu, pilih opsi ‘Akun ini tidak lagi dapat di akses’. Pada jendela baru, masukkan email dan password yang Anda telah diubah lalu klik ‘Selanjutnya’. Facebook akan meminta Anda melakukan hal-hal yang diperlukan, ikuti langkah yang diminta oleh Facebook. 

5. Laporkan akun yang di-hack 

Jika tetap tidak dapat mengakses akun Facebook yang di-hack, segera laporkan aksi peretasan tersebut kepada Facebook. Kamu dapat melaporkan dengan mengklik tautan berikut https://www.facebook.com/hacked dan pilih opsi ‘Akun saya dibobol’. Setelah itu, ikuti langkah-langkah yang diminta oleh Facebook.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *