Agar Aman dari Investasi Bodong, Tips Bagi Pebisnis Online

Sumber : duniafintech.com

Maraknya Penipuan Berkedok Investasi

Cukup marak penipuan investasi online belakangan ini sehingga investor dituntut untuk lebih cerdas dari sebelumnya. Investasi yang dipilih seharusnya memang bisa berikan keuntungan, kalau bisa keuntungan yang besar.

Namun utamanya, investasi yang dipilih seharusnya investasi yang kredibel. Jadi, tujuan berinvestasi dapat dicapai dengan maksimal.

Beberapa tips mungkin telah Anda dapatkan sebelumnya. Sebagai pelengkap, berikut ini akan disebutkan lebih banyak cara untuk diterapkan supaya Anda bisa menghindari penipuan investasi bagi pebisnis online.

#1 Pastikan untuk Benar-Benar Mengenal Produk Investasi

Hal pertama yang harus dilakukan dalam menghindari penipuan investasi online adalah untuk benar-benar mengenal produk yang dipilih. Produk yang dipilih memang bisa apa saja, bisa itu obligasi, deposito, emas, bahkan bisa reksa dana.

Mana saja memang boleh, sebab investasi adalah hal yang dilakukan sesuai dengan kondisi finansial masing-masing. Apapun yang dipilih nanti, pastikan Anda menguasai teorinya dan memahami sistemnya.

Bisa dengan memastikan pihak yang menawarkan produk investasi tersebut dipercaya masyarakat atau tidak. Bisa juga dengan memastikan rekam jejak manajer investasi yang dipilih baik-baik saja.

Kenali sistemnya, dengan mengetahui berapa bunganya, bagaimana keuntungan diberikan, apa saja peraturannya, dan hal lainnya.

#2 Pilih Investasi dengan Risiko Rendah

Cara ini tak kalah penting untuk diaplikasikan bagi para pebisnis online. Sebaiknya Anda kurangi fokus ke investasi yang bisa berikan untung besar, melainkan mulai fokus ke investasi yang risikonya rendah-rendah saja.

Bisa mengamankan Anda dari yang namanya penipuan investasi online.

Tidak sulit untuk memastikan investasi mana yang risikonya rendah. Mulai dari memastikan pihak yang menawarkan, dan bisa juga diterapkan poin berikutnya dalam daftar ini.

Agar Aman dari Investasi Bodong, Inilah Tips Bagi Pebisnis Online 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ternyata, Ini Peran Penting Investasi Bagi Pebisnis Online]

 

#3 Cek Daftar OJK

Karena Anda akan melakukan investasi berbasis online, Anda bisa gunakan informasi yang telah disuguhkan oleh OJK. Anda pasti sudah kenal dengan OJK, pihak yang akan memastikan segala bentuk dan praktik keuangan aman-aman saja.

Tidak perlu datang langsung ke kantor OJK. Anda hanya perlu buka website resminya, dan mengecek produk investasi mana saja yang telah berizin.

Kalaupun saat ini Anda sudah menemukan aplikasi fintech atau aplikasi jenis lainnya untuk investasi, bisa juga terapkan cara ini.

Yaitu untuk cross check apakah aplikasi itu sudah terdaftar di OJK atau belum. Cukup sederhana untuk dilakukan, bukan?

 

#4 Pilih yang Keuntungannya Logis

Klise, namun penting dipahami dan diingat bagi para pebisnis online. Banyak yang mengutamakan untung atau bunga besar saat berinvestasi. Padahal, seni dalam berinvestasi adalah untuk memilih produk yang aman, meskipun bunganya biasa saja.

Kali ini Anda harus upayakan produk investasi yang dipilih nanti memberikan bunga yang logis. Setiap produk dan jenis investasi memiliki batas maksimal persentase untung, namun umumnya akan di bawah 10% atau di bawah 5%.

#5 Awali dengan Modal Kecil

Poin kali ini lebih tepat disebut sebagai saran yang masih ada kaitannya dengan penipuan investasi online. Sarannya adalah untuk mengawali investasi yang masih baru dipilih ini dengan nominal kecil.

Bukan untuk trial and error, sebab sebelumnya Anda sudah memastikan sendiri investasi yang dipilih bagus keamanannya.

Hanya saja, seaman apapun produk yang dipilih, se-kredibel apapun pihak yang menawarkan, jauh lebih baik jika dimulai dengan modal yang kecil-kecil dulu.

Tidak sulit untuk diterapkan, justru membantu pebisnis online yang modalnya masih kecil untuk berinvestasi. Kemudian, tingkatkan perlahan modal yang diinvestasikan sehingga untungnya bisa besar pula.

#6 Belajar Modus Penipuan Investasi

Cara hindari penipuan investasi online lainnya adalah untuk mempelajari modusnya. Modus penipuan online ini tidak sulit untuk dipelajari, sudah banyak media yang membahas kasus yang sudah terjadi sekaligus modusnya langsung.

Beberapa di antaranya adalah produk yang menawarkan bunga tidak logis, aplikasi yang menawarkan akun rekening individu, hingga aplikasi investasi yang menggunakan logo OJK sembarangan.

Akan membutuhkan waktu untuk belajar, namun hasilnya sangat bisa Anda andalkan. Belajar jadi kasus orang lain pun boleh, sebab Anda jadi bisa menghindari kesalahan yang dilakukan orang lain.

Kebanyakan modusnya adalah menawarkan bunga yang besar, tidak logis untuk diterapkan dalam skala investasi berbasis online.

Misalnya, ada reksa dana yang menawarkan keuntungan sampai 30% dalam waktu satu bulan, Anda tahu ini logis atau tidak.

Agar Aman dari Investasi Bodong, Inilah Tips Bagi Pebisnis Online 02 - Finansialku

[Baca Juga: Maksimalkan Manfaat Investasi Pebisnis Online dengan Cara Ini]

 

#7 Bisa Mengidentifikasi Produk Keseluruhan

Bisa dikatakan penipuan investasi online lebih mudah terjadi atau mudah dijumpai daripada investasi yang offline. Mulai dari alasan canggihnya teknologi yang sudah ada sebagai fasilitas penipu.

Kurangnya kejelasan sumber pemberi produk investasi, hingga kurangnya wawasan investasi yang berjalan secara online. Dengan begitu, sekali lagi, sebagai investor benar dituntut untuk bisa lebih cerdas.

Anda boleh jadi tidak punya banyak waktu untuk belajar investasi, tetap bisa menghindar penipuan jika Anda mau meluangkan waktu untuk mengidentifikasi investasi.

Tidak perlu terlalu fokus dengan kata orang lain ketika memilih produk investasi, mini research untuk memilih sendiri juga oke. Kemudian, pelajari semua yang ditawarkan produk investasi tersebut.

Investasi Perlu Dipersiapkan dengan Financial Check Up

Boleh jadi Anda sudah paham dengan cara-cara menghindari penipuan investasi online di atas.

Tetap akan kurang bila belum melakukan financial check up yang akan membuat rencana keuangan Anda dan keuangan bisnis bisa semakin matang.

Mengingat betapa pentingnya ini dilakukan, tak ada alasan lagi untuk menundanya. Apalagi Anda sebagai pebisnis online pun harus sesegera mungkin berinvestasi supaya lebih hemat waktu.

Sumber : Finansialku.com


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *