YouTube Shorts, Calon Pesaing Tiktok dan Reels

Foto: Unsplash

Teknologi.id – YouTube resmi meluncurkan fitur terbarunya yang mengikuti trending saat ini yaitu Shorts. Sebagai platform pengunggah video terbesar di dunia, YouTube mengeluarkan inovasi ini ke mancanegara di mana hal ini bertujuan untuk menarik perhatian para pengguna aplikasi ini.

Shorts hadir dengan durasi 15-60 detik, pengguna pun dapat membagikan momen atau video pendek dilengkapi dengan musik latar. Kemampuan ini hampir mirip dengan fitur yang ditawarkan TikTok dan Reels.

Dilansir dari blog YouTube, fitur terbaru Shorts merupakan sebuah inovasi dari YouTube yang memberikan pengalaman video berdurasi pendek bagi para artis dan pembuat konten. Persamaan lain yang membuat Shorts menjadi salah satu pesaing bagi TikTok dan Reels adalah adanya hitung mundur saat ingin merekam dan pengaturan waktu.

“Kami senang mengumumkan bahwa YouTube Shorts hadir secara global. Kami saat ini menggulirkannya ke pengguna beta di lebih dari 100 negara di seluruh dunia, di mana YouTube tersedia,” tulis YouTube dalam laman blog Google Australia, dikutip dari KompasTekno, Selasa (13/7/2021).

Shorts juga menggunakan format vertikal untuk pengunggahan video sehingga pengguna bisa menggulir layar ke atas dan ke bawah untuk melihat tampilan video lain dari para pengguna di seluruh dunia.

Hal menarik lainnya dapat dilihat dari pemberian fitur like, dislike, komentar bahkan membagikan video pendek tersebut.

Berikut langkah-langkah membagikan video pendek melalui Shorts di YouTube yang dirangkum dari KompasTekno:

1. Klik ikon “tanda tambah” atau “unggah” yang ada pada tengah tampilan

2. Pilih “create shorts”

3. Kemudian pengguna bisa merekam langsung video yang ingin diunggah dari kamera Shorts. Hanya dengan menekan tombol merah dan menaham tombol merah, maka video sudah terekam. Jika pengguna ingin menambahkan durasi hingga menjadi 60 detik, pengguna bisa mengetuk angka pilihan durasi.

4. Pengguna juga bisa mengunggah video dari video dalam galeri. Caranya mudah yaitu dengan menekan ikon galeri yang berada di sisi kiri bawah.

5. Setelah video siap, maka pengguna bisa memanfaatkan fitur editing dengan menambahkan suara atau teks, dan mengatur volume suara pada video.

6. Tulis deskripsi video dengan menambahkan hashtag atau tagar. Agar video mendapatkan rekomendasi, pengguna bisa menggunakan hashtag #Shorts dimana mirip fungsinya dengan hashtag #FYP di TikTok.

7. Konten video Shorts sudah bisa dilihat di akun anda.

(DA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *