Mau Beli Handphone Bekas? Ayo Catat Tips Ini

Membeli handphone baru atau bekas mungkin akan menjadi dilema bagi beberapa orang. Tentunya membeli yang bekas akan jauh lebih murah. Namun, masih ada beberapa orang masih ragu jika membeli handphone bekas apakah mereka akan dapat barang yang bagus atau tidak.

Maka, pembeli dituntut untuk jeli ketika membeli handphone bekas. Berikut sejumlah tips yang dapat kamu terapkan ketika ingin membeli handphone bekas:

1. Tahu waktu yang tepat untuk membeli

Sebelumnya, kamu perlu menentukan handphone apa yang ingin kamu beli. Waktu yang tepat untuk membeli adalah ketika ada produk baru yang diluncurkan oleh brand tersebut. Hal ini akan membuat harga produk sebelumnya menjadi lebih murah.

2. Lakukan riset harga pasar

Kamu dapat membandingkan harga di berbagai marketplace dan offline store. Selain itu, kamu juga harus mengetahui berapa uang yang perlu dikeluarkan untuk versi barunya. Setelah melakukan riset kamu akan mengetahui berapa kira-kira uang yang harus kamu siapkan.

3. Cari tahu tempat yang tepat untuk membeli

Kalau kamu ingin membeli online, pastikan kredibilitasnya. Kamu juga dapat membeli dari kenalanmu yang ingin menjual HP lamanya. Maka, kamu dapat lebih leluasa untuk bertanya dan melihat barang secara langsung.

4. Pastikan meneliti handphone dengan jeli

Jika kamu membeli secara offline, kamu dapat memegang dan melihat bagaimana kondisi handphone secara keseluruhan. Pertama lihat layarnya, apakah ada goresan, retakan, dan lainnya. Kemudian lihat bagian lensa kamera, cek semua port yang ada, dan pastikan speaker bekerja dengan baik. Kamu juga perlu mencoba charger, memasukkan SIM card dan SD card.

5. Jangan ragu bertanya kepada penjual

Jangan ragu bertanya kepada penjual apa saja kekurangan yang ada di handphone tersebut. Kamu juga perlu menanyakan apakah handphone sering jatuh atau masuk ke dalam air. Hal ini disebabkan dapat memengaruhi kinerjanya saat kamu pakai.

6. Cari tahu bonus yang didapatkan

Keuntungan lain dari membeli handphone bekas adalah mendapatkan aksesori dengan gratis. Misalnya screen protector, case, charger, earphone, dan lainnya. Kamu harus memastikan hal ini kepada penjual. Selain itu, tanyakan apakah kamu akan mendapatkan original box atau tidak. Penjual yang memiliki box asli biasanya terpercaya. Ini membuktikan bahwa handphone tersebut bukan hasil curian.

7. Negosiasi harga

Kamu dapat melakukan negosiasi harga. Salah satu hal dapat bisa kamu gunakan dalam menawar harga adalah garansi. Kebanyakan handphone bekas tidak memiliki garansi. Maka, kamu bisa menawar harga lebih murah. Selain itu, lihat seberapa banyak defect yang dimiliki handphone tersebut.

(DS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *