Internet Indonesia lebih mahal dari Vietnam, Ini alasannya


Foto: pinterest

Perusahaan keamanan siber Surfshark melaporkan bahwa harga internet di Indonesia lebih mahal dari Vietnam. CEO Surfshark, Vytautas Kaziukonis, menyampaikan harga dan kualitas kecepatan internet di Indonesia berbanding terbalik dengan Vietnam.

“Dibandingkan dengan Indonesia, orang-orang di Vietnam harus bekerja empat kali lebih sedikit untuk membayar internet broadband yang tiga kali lebih cepat,” ucap Kaziukonis.

ia menyampaikan, Indonesia menduduki peringkat 72 dari 110 negara dalam laporan tahunan indeks Kualitas Hidup Digital atau Digital Quality of Life (DQL) 2021 yang dirilis perusahaannya. Indonesia menempati peringkat 90 dalam kecepatan internet broadband dan peringkat 100 dalam kecepatan internet seluler. 

Dalam laporannya ini, Surfshark mengikutsertakan 90 persen dari populasi global, di mana terdapat lima pilar fundamental yang digunakan untuk mengukur indeks Kualitas Hidup Digital yaitu kualitas internet, keterjangkauan internet, keamanan siber, layanan pemerintah online, dan infrastruktur elektronik.

Indonesia meraih skor tertinggi untuk layanan pemerintah online yakni di peringkat 66 dan keamanan siber di peringkat 68. Namun, Indonesia terpuruk pada keterjangkauan internet di peringkat 97, kualitas internet di peringkat 79, dan infrastruktur elektronik di peringkat 74.

Diberitakan bahwa Indeks Kebebasan Internet Indonesia di 2021 menurun.  UU ITE-RUU PDP Dituding sebagai penyebab turunnya Kebebasan Berinternet RI . Hanya saja, Indonesia memiliki ruang untuk memperbaiki disemua bidang kesejahteraan digital, terutama keterjangkauan internet. 

(FAZ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *